Pemprov Jabar Akan Bangun Kota Baru di Dekat Bandara Kertajati

Wednesday, 20 January 2016   ·   No Comments

bandara kertajati

Bandung -Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun kota baru berkonsep aero city di dekat Bandara Internasional Jawa Barat yang berlokasi di Kertajati, Majalengka.

Untuk membangun aero city, Pemprov Jabar akan membebaskan lahan seluas 1.800 hektar (ha).

“Dengan dibiayainya sisi udara (runway, taxiway sampai tower ATC) dan sisi darat (terminal penumpang dan cargo) oleh pusat, kita tinggal melengkapi sisa pembebasan lahan. Dari 1.800 hektar, saat ini baru 1.000 hektar, masih ada sisa 800 hektar lagi,” ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (18/1/2016).

Pemprov Jabar sendiri akan memperoleh kompensasi dari pemerintah pusat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senilai Rp 500 miliar. Nilai itu telah dikeluarkan Pemprov Jabar untuk membiayai sisi darat bandara.

Pembiayaan ini dikeluarkan oleh Pemprov Jabar, sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bahwa Bandara di Kertajati itu diambil alih pengembangannya oleh pemerintah pusat.

Dengan dana yang dikembalikan tersebut, Pemprov Jabar akan fokus pada sisa pembebasan lahan serta persiapan pengelolaan aero city di kawasan bandara.

“Kita akan berjuang untuk yang 800 hektar itu dari APBD. Tahun ini kita cicil Rp 200 miliar dulu,” jelasnya.

(ern/feb)

sumber : detikcom

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,967 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE