Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online

Thursday, 21 November 2013   ·   5 Comments

lastpassSetelah pada tulisann yang lalu saya paparkan cara menyimpan banyak username dan password dengan menggunakan software KeePass, kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara menyimpan banyak username dan password secara online.

Cara ini menurut saya jauh lebih mudah, lebih cepat dan tentu lebih praktis dibanding dengan menyimpannya dalam software di computer kita. Pengalaman saya, username dan password yang saya simpan di computer dengan menggunakan software pernah hilang semua saat computer saya rusak berat dan harus diinstall ulang, sementara saya lupa tidak mensetting backup di softwarenya.

Berbeda dengan menyimpan secara online, saya merasa nyaman dan tidak khawatir hilang manakala computer saya mengalami operasi plastic sekalipun. Karena semua username dan password itu disimpan dalam situs online. Hebatnya lagi saya dapat menggunakannya pada computer lain jika lupa tidak bawa computer pribadi. Nah..sobat tertarik…? Silahkan baca terus tulisan ini

Baik sobat semua, saya langsung pada pokok tulisan ini yakni cara menyimpan banyak username dan password secara online. Nama situsnya adalah LastPass.  LastPass ini menyatu menjadi alat penggaya atau aksesoris (add-ons) dari browser layanan internet seperti Mozilla firefox, google chrome, opera, internet explorer dan lain-lain. Jadi cara setting dan pemakaiannya akan lebih mudah, cepat dan praktis karena menyatu dalam browser internet yang kita pakai.

Cara Install LastPass

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk ke situs LastPass di sini
  2. Biar tutorial ini dapat dipahami seutuhnya, silahkan pilih bahasa Indonesia di bagian atas
  3. Buatlah akun anda dengan klik pojok kanan atas (masuk ke lasspass),  kemudian klik “Create an Acount”, silahkan isi alamat email anda dan password utama. Email dan password ini adalah untuk masuk ke aplikasi LastPass nantinya.
  4. Setelah akun sobat selesai dibuat, selanjutnya silahkan buka browser sobat, terserah mau pakai Mozilla firefox, google chrome atau lainnya. Dalam hal ini saya beri contoh dengan googloe chrome.
  5. Klik control panel Google Chrome di pojok kanan atas address bar. Pilih dan klik ‘setelan’.  Pilih ‘ektensi’ kemudian scroll ke bagian bawah pilih ‘Dapatkan ektensi lainnya’ , sobat sekarang berada pada ‘Toko Web Chrome’  tempatnya mencari aplikasi yang akan digunakan dalam google chrome sobat.
  6. Pada kotak pencarian, ketik ‘LastPass’ kemudian tekan ‘enter’, maka akan muncul beberapa aplikasi yang ditawarkan, silahkan pilih ‘LastPass’ kemudian klik ‘tambahkan ke Google Chrome’. Lanjutkan hingga selesai sesuai dengan petunjuk penginstallan.
  7. Saat aplikasi LastPass sudah aktif pada Google Chrome sobat, maka aka nada icon LastPass pada pojok kanan atas bersebelahan dengan address bar dan Control Panel Googloe Chrome sobat. Jika warnanya sudah merah maka berarti aplikasi LastPast sudah aktif dan siap digunakan, jika masih berwarna hitam putih silahkan klik dan masukan email dan password akun LastPass yang sobat buat saat pertama kali di atas.

Cara Menggunakan LastPass

  1. Ketika Lastpass sudah aktif pada browser sobat, maka setiap kali sobat memasukan username dan password ketika  akan memasuki sebuah situs semisal facebook, maka pada bagian atas akan muncul ‘Simpan Situs’ ,  ‘Jangan Pernah”  dan “Jangan Sekarang”. Jika sobat akan menyimpannya silahkan klik ‘Simpan Situs’, maka sobat akan dibawa ke situs LastPass untuk proses penyimpanan. Silahkan isi form penyimpanan kemudian klik ‘simpan’.
  2. Jika sobat ingin menyimpan username dan password yang ada dalam computer ke dalam aplikasi LastPass ini, silahkan klik icon Lastpass kemudian klik ‘Brankas LastPass Saya’, kemudian pada menu sebelah kiri silahkan klik ‘Tambahkan Situs’. Kemudian silahkan isi form penyimpanan seperti pada langkah nomor 1 di atas.
  3. Jika sobat sudah memasukan data situs pada LastPass, kemudian akan mengunjungi situs sobat tersebut, maka pada browser sobat silahkan klik icon Lastpass (jika belum aktif silahkan masukan email dan password Lastpass sobat), kemudian klik ‘brankas LastPass Saya’ silahkan cari  yang akan dibuka kemudian langsung klik.

Maka sobat akan langsung dibawa ke situs itu dan di sana sudah tertera username dan password, sobat tinggal klik ‘login’ atau ‘masuk’ saja. Tapi kalau saat penyimpanan sobat mencentang ‘Login Otomatis’ , maka saat alamat situs di klik biisa langsung masuk ke dalam situs tersebut tanpa harus mengklik ‘login’ atau ‘masuk lagi’.

Indahnya Berbagi, semoga tulisan Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online bermamfaat. Sobat dapat merilis tulisan ini ke dalam web/bog sobat dengan tetap menyertakan link tulisan ini. [ Kang Nasir Abi ]

5 comments on “Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online

  1. Pingback: Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online | banadaku

  2. Pingback: Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online | Janawi-ku

  3. Pingback: Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online | Catatan Harian

  4. Pingback: Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online | NU UWING

  5. Pingback: Menyimpan Banyak Username dan Password Secara Online | Koromong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,967 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE