Mengubah Favicon Pada WordPress (Bag 2)

Wednesday, 14 November 2012   ·   4 Comments

menganti pavicon pada wordpress

Setelah pada tulisan yang lalu saya jelaskan cara mengubah favicon pada blog wordpress dengan cara menggunakan plugin, kali ini saya akan jelaskan cara mengubahnya dengan mengedit beberapa bagian di cpanel web hosting. Cara ini saya temukan dalam sebuah postingan blog milik Kang Alwi, tentu setelah saya modifikasi sesuai dengan pengalaman yang tela saya lakukan

  1. Seperti biasa, langkah pertama adalah menyiapkan gambar icon yang akan sobat gunakan sebagai favicon blog/website sobat. Gambar dapat menggunakan format jpg, gif, png atau lainnya dengan ukuran 16×16 pixel sampai dengan 30×30 pixel.
  2. Silahkan upload gambar icon itu ke dalam favicon generator, antara lain silahkan klik di sini, kemudian download hasil uploadnya.
  3. Kemudian upload file favicon.ico hasil download tadi di root direktori website/blog, yaitu di direktori /public_html.
  4. Buka file header.php dari theme yang digunakan. Untuk langkah ini selain lewat cpanel juga dapat dilakukan  lewat dashboard admin. Cari kode yang biasa digunakan untuk memanggil file favicon.ico seperti contoh berikut atau yang mirip dengannya :

<link rel=”shortcut icon” href=”<?php echo $npdv_options[“gab_favico”]; ?>” />

Kemudian hapus code tersebut dari file header.php dan simpan. Masih pada cpanel hosting selanjutnya buka folder image pada theme yang sobat gunakan. Cari file image ‘favico.ico’, kalau ada silahkan hapus.

Sekarang silahkan buka halaman blog anda dan jangan lupa tekan F5, atau jika perlu hapus dulu cache yang ada di server (jika anda menggunakan plugin cache dan sejenisnya) dan hapus juga cache browser. Lihat hasilnya di berbagai jenis browser apakah favicon anda sudah muncul.

Indahnya berbagi, semoga tulisan Mengubah Favicon Pada WordPress (Bag 2) ini bermamfaat. Sobat dapat mengcopas tulisan dengan tetap mencantumkan link blog saya ini. Sobat yang mempunyai pengalaman dengan cara lain mohon untuk dapat berbagi pada kotak komentar, syukron….[kang nasir media center]

4 comments on “Mengubah Favicon Pada WordPress (Bag 2)

  1. Pingback: Cara Mengubah Favicon Di Wordpress | Kang Nasir Media Center

  2. Akhirnya berhasil gan setelah saya coba-coba…Maturnuhun gan..

  3. apa yang dimaksud root direktori website/blog, yaitu di direktori /public_html. pada langkah ke. 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE