Menampilkan Gambar Thumbnail Pada Halaman Depan Blog WordPress

Wednesday, 21 November 2012   ·   1 Comment

Bagi sobat pengguna wordPress, pernahkah sobat mengalami blog/website sobat tidak dapat menampilkan gambar postingan/thumbnail di halaman depan (home/beranda) sobat? Kalau pernah berarti sama dengan ane donk…hehehe..

Gambar postingan/thumbnail memang sering kali ogah tampil di halaman depan, padahal saat kita klik ke halaman single gambar itu ada. Kejadian tersebut terutama saat kita menggunakan web hosting gratis dan atau theme/template gratis (namanya juga gratisan, ya banyak masalah..hehehe). Namun bukan berarti saat kita menggunakan web hosting berbayar masalah itu tidak ada. Beberapa theme wordpress yang kita unduh secara gratis banyak juga yang tidak mau menampilkan gambar thumbnail di halaman depan walau kita menggunakan hosting berbayar.

Nah, Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menampilkan gambar itu, antara lain :

  • Pastikan saat memasukan gambar  postingan sudah sobat lakukan dengan benar.  Ada beberapa template wordpress yang dengan cukup sekali memasukan gambar ke dalam postingan sudah dapat muncul di halaman depan (thumbnail) dan di halaman utuh (single post).   Namun banyak juga tempalte/theme wordpress yang harus dua kali memasukan gambar postingannya.  Yang pertama pada kolom postingan dengan mengklik  ‘add media’ , ini untuk memunculkan gambar postingan pada halaman utuh (single post). Dan yang kedua memasukan gambar pada ‘set featured image’ yang terletak pada bagian kanan bawah halaman postingan. Ini berfungsi untuk memuncukan gambar pada halaman depan (thumbnail)

gambar thumbnail worpress-1

gambar thumbail worpress-2

  • Saat mengupload theme ke web hosting pastikan kode CHMOD Permition sobat ubah dari 644 menjadi 755 atau 777. Kode ini memungkinkan semua user dapat membuka, membaca, dan menulis fungsi-fungsi dalam theme

gambar thumbnail wordpress-3

  • Masih belum muncul juga tuh gambar?  Periksa di dashboar admin wordpress sobat, klik menu ‘Media’, apakah gambar yang sobat upload di posting tadi sudah ada di sana? Kalau belum berarti sobat belum melaksanakan bagian pertama di atas. Silahkan ulangi lagi ya dengan benar.

 

  • Masih belum muncul juga gambarnya? Nah kalau masih belum muncul saya harus kasih ajian pamungkas saya. Silahkan masuk ke dashboard admin wordpress sobat, pada menu ‘appearance’ klik editor. Pada deretan sebelah kanan cari timthumb.php silahkan klik kemudian hapus isinya (untuk berjaga-jaga lebih baik di cut- paste ke notepad aja ya). Setelah dihapus silahkan masukan kode berikut ini pada timthumb.php tadi. Silahkan ambil di sini kodenya.  (download dulu kemudian buka file zip-nya)

 

  • Kemudian save hasilnya. Nah sekarang refresh (tekan f5) blog sobat, Insya Allah gambar thumbnail sobat sudah bisa tampil di halaman depan, gampang kan?

 

  • Kalau belum tampil juga mungkin themes sobat memerlukan beberapa pengaturan khusus, seperti theme-theme produk WPZoom, themes junkie dan lain-lain. Silahkan pelajari tata cara penggunaan theme tersebut dengan mengnjungi situs aslinya.

Indanya berbagi, semoga tulisan cara Menampilkan Gambar Thumbnail Pada Halaman Depan Blog WordPress ini bermamfaat. Sobat dapat mengcopas tulisan ini dengan tetap mencantumkan link blog saya ini. Sobat yang mempunyai pengalaman dengan cara lain mohon untuk dapat berbagi pada kotak komentar, syukron….[kang nasir abi]

One comment on “Menampilkan Gambar Thumbnail Pada Halaman Depan Blog WordPress

  1. thankkks for the info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE