KeePass, Software Gratis Untuk Menyimpan Banyak Username dan Password

Wednesday, 6 June 2012   ·   1 Comment

keepassSudah menjadi hal yang mutlak di dunia ini setiap hal yang penting harus dilindungi secara maksimal. Gunanya untuk menjaga keamaan hak milik kita dari tangan-tangan jahil tidak bertanggungjawab. Di dunia nyata, hampir semua produk teknologi memberikan fasilitas perlindungan keamanan. Misalnya kartu ATM, kartu kredit, Handphone, laptop, computer dan sejenisnya. Perlindungan keamaan dimaksud biasanya dengan cara memasukan identitas dan kata kunci tertentu , atau dalam bahasa lain sering disebut user name dan password atau disebut juga PIN. PIN, username dan password ini menjadi rahasia pribadi kita yang hanya untuk kita dan orang-orang yang kita percayai.

Begitupun halnya di dunia maya, saat kita menjadi member atau pengikut sebuah situs web maka wajib hukumnya untuk melakukan pendaftaran dengan membuat akun pribadi kita. Saat melakukan pendaftaran kita akan diminta untuk memasukan username dan password yang kita kehendaki. Atau sebaliknya, pihak pemilik situs web itu yang akan memberikan username dan password kepada kita. Username dan password itu nantinya akan menjadi kunci saat kita akan masuk/login ke situs itu.

Repotnya, bagaimana jika kita memiliki begitu banyak username dan password yang berbeda-beda? Lupa dan bingung kan? Sudah ketik ini ga bisa masuk, ketik itu ga bisa masuk..akhirnya karena sudah bingung dan putus asa jalan pintasnya adalah…bikin akun baru lagi !…hehehehe…(ngaku aja dech..)

Saya yakin shobat pernah mengalaminya. Pengalaman lupa username dan password saat akan login ke suatu situs web merupakan kenyataan setiap orang.

Nah,  agar pengalaman pahit itu tidak terulang lagi, saya menggunakan software mungil dan mudah untuk menyimpan data base username, password dan PIN saya. Namanya software itu adalah KeePass.

KeePass adalah alat yang sangat handal dan mudah digunakan untuk membantu kita menyimpan dan mengatur PIN, username dan passwords di sebuah database yang sangat aman. Bahkan kita juga dapat menyimpan link yang jika kita klik langsung tertuju pada situs tersebut.

Kita dapat menaruh database dan program KeePass di dalam USB/flashdisk dan membawanya kemana-mana. Database tersebut dilindungi oleh master password (kata kunci utama) yang kita ciptakan. Password ini juga digunakan untuk mengenkripsi seluruh isi dari database tersebut. Kita dapat menyimpan seluruh password di KeePass atau menyuruh perangkat lunak tersebut menciptakan password untuk kita.

Cara penggunaanya :

  1. Download KeePass di sini atau di sini
  2. Install ke computer/laptop/Flashdisk kita
  3. Buka program ini dan buatlah master password (kunci utama), caranya dengan klik ‘file’ pilih ‘new’, kita akan di bawa ke explorer window, tulis file name ‘database’ lalu klik ‘save’. Maka kita akan diminta untuk mengisi master password. Centang master password kemudian isi dengan kata apa saja yang akan menjadi kunci utama saat kita membuka program ini nanti. Setelah itu klik ‘ok’. Sampai di sini kita sudah mempunyai ‘brangkas’ aman untuk menyimpan berbagai username dan password.
  4. Untuk menyimpan data username, password dan link tujuan, buka program ini masukkan master password yang kita buat tadi, kemudian pilih ‘edit’ pilih ‘add entry’ kemudian silahkan masukan datanya :
  • Title : nama judul, misalnya : blog Kang Nasir
  • Username : nama pengguna dari blog Kang Nasir, misalnya : ‘fulan’
  • Password : kata kuci untuk masuk ke blog Kang Nasir, misalnya : ‘pkbmenang’
  • Repeat : tulis kembali password di atas
  • Url : tulis link url yang tertuju pada Blog Kang Nasir, misalnya : http://www.blogkuxxxx
  • Notes/deskripsi : silahkan isi keterangan jika perlu, Kemudian klik ‘ok’

Sampai di sini shobat sudah menyimpan satu data username dan password, jika akan menyimpan lagi maka silahkan ulangi lagi seperti di atas.

Indahnya Berbagi. Semoga tulisan KeePass, Software Gratis Untuk Menyimpan Banyak Username dan Password ini bermamfaat. Jika shobat punya trik lain mohon share di komentar..syukron.. (Kang Nasir Abi) 

Tags: 

One comment on “KeePass, Software Gratis Untuk Menyimpan Banyak Username dan Password

  1. Cocok banget neh untuk kita yang punya banyak urusan.

    KeePass adalah alat yang sangat handal dan mudah digunakan untuk membantu kita menyimpan dan mengatur PIN, username dan passwords di sebuah database yang sangat aman. Bahkan kita juga dapat menyimpan link yang jika kita klik langsung tertuju pada situs tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE