Download Kitab Minhajuth Thalibin – Imam Nawawi

Monday, 13 October 2014   ·   No Comments

minhajul thalibin an nawawiKitab Minhajuth Thalibin wa Umdatul Muftin merupakan kitab fiqih madzhab Imam Syafii karya al Imam Abu Zakaria Muhyiddin bin Syarf al Nawawi al Dimasqi, atau dikenal dengan nama Imam an Nawawi.

Beliau lahir di Desa Nawa dekat kota Damaskus pada tahun 631 H (1233 M) dan wafat pada tahun 676 (1227 M). Beliau adalah seorang pemikir muslim terutama di bidang fiqih dan hadits. Karya-karyanya banyak bertebaran dan dipelajari di dunia Islam khususnya di pondok pesantren di Indonesia. Dalam hal penetapan hukum Islam dan pedoman berfatwa, pendapat Imam Nawawi menjadi rujukan bagi ulama semasa beliau dan ulama-ulama setelahnya. Bahkan ulama generasi muda (muta-akhirin) bersepakat bahwa pendapat yang paling kuat yang dapat dijadikan pedoman dalam menetapkan hukum dan beramal adalah pendapat yang disepakati oleh Imam Nawawi dan Imam Rofii yang dikenal dengan sebutan ‘al Syaikhoni’. Kemudian apabila keduanya berbeda pendapat maka didahulukukan pendapat Imam Nawawi.

Kitab Minhajuth Thalibin wa Umdatul Muftin ini merupakan Mukhtashor, yaitu kitab ringkasan dari kitab ‘al Muharrar’ karya Imam Rofii. Di dalamnya termuat semua pendapat madzhab syafi’i beserta perbedaan-perbedaan yang terjadi di kalangan ulama syafi’iyyah. Dengan mempelajari kitab ini kita dengan mudah akan mengetahui mana yang merupakan pendapat Imam Syafii dan mana yang merupakan pendapat para sahabat dan muridnya. Kemudian juga perbedaan pendapat imam Syafii dan perbedaan pendapat di antara para sahabat dan muridnya,   sekaligus mengetahui pendapat yang paling unggul di antara pendapat-pendapat yang ada.

Keistimewaan lainnya dari kitab ini adalah kesinambungan sanad dengan kitab al- Umm karya al Imam al Syafii langsung. Sebagaimana diketahui Kitab al Umm banyak dijadikan referensi atau rujukan oleh para sahabat dan muridnya dalam menetapkan hukum fiqih dan berfatwa. Kitab ini pernah diringkas oleh seorang muridnya, yakni al Imam al Muzanni menjadi kitab Mukhtashor al Muzanni. Kitab ini kemudian di-syarah (dibuat penjelasan) oleh al Imam al Haramain al Juwaini (w 478 H) dalam kitab Nihayatul Mathlab.Kitab Nihayah kemudian diringkas oleh muridnya, yakni Imam al Ghazali (w 505 H) menjadi kitab ‘al Basith’. Al Basith oleh beliau diringkas kembali menjadi kitab ‘al Wasith’ kemudian diringkas lagi menjadi ‘al Wajiz’. Kitab al Wajiz kemudian diringkas lagi oleh al Imam Abul Qosim al Rofii (w 623 H) menjadi kitab ‘al Muharrar’. Al Muharrar yang kemudian di-syarah (dibuat penjelasan) oleh al Imam al Nawawi menjadi kitab ‘Minhajul Thalibin wa Umdatul Muftin’ ini.

Tidak heran jika kitab kecil ini mendapat perhatian yang serius dari kalangan ulama syafi’iyah setelahnya. Banyak diantara mereka yang men-syarah atau meringkasnya menjadi sebuah kitab baru. Diantara kitab syarah al Minhaj yang terkenal di kalangan pesantren di tanah air adalah : Tuhfatul Muhtaj karya Imam Ibnu Hajar al Haitami, Nihayatul Muhtaj karya Imam al Romli, Mughnil Muhtaj karya Imam Khothib al Syarbini, dan lain-lain.

Bagi sobat yang ingin memiliki kitab ini silahkan download di sini

(file pdf, diupload melalui 4shared, untuk mendownloadnya sobat harus memiliki akun di 4shared, silahkan sobat daftar dulu gratis kok)

Indahnya berbagi, semoga tulisan Download Kitab Minhajuth Thalibin– Imam Nawawi  ini bermamfaat. Sobat dipersilahkan untuk mencopas di blog atau web sobat dengan tetap mencantumkan link tulisan ini sebagai sumber, syukron…[kangnasir]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE