Download Kitab Dalilul Falihin Syarah Riyadush Shalihin -Ibnu Allan

Friday, 17 October 2014   ·   No Comments

dalilul falihin syarh riyadush shalihinDalilul Falihin Syarah Riyadush Shalihin (دليل الفالحـين شرح رياض الصالحين)  adalah kitab yang menguraikan tentang hadits Rasululllah SAW. Kitab ini dikarang oleh Syaikh Muhamamd bin Allan as-Shiddiqi as-Syafi’i al-Asy’ari al-Makki atau dikenal dengan nama Ibnu Allan, seorang ulama Hijaz yang wafat pada tahun 1057 H.

Kitab ini merupakan penjabaran (kitab syarah) dari kitab Riyadush Shalihin karya Al Imam Al ‘Alamah al Muhaddits, Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf an Nawawi ad Dimasqi as Syafi’I, atau dikenal dengan nama Imam Nawawi. Beliau dilahirkan di sebuah desa bernama Nawa dekat Damsyik, Suriah pada tahun 631 H dan wafat di desanya sendiri pada tahun 676 H pada usia 45 tahun. Meskipun beliau belum sempat menikah seumur hidupnya, namun sebagai penghormatan, kaum muslimin tetap menggelarinya ‘Abu Zakaria’, yang menggambarkan seolah-olah beliau pernah memiliki seorang putra.

Sesuai dengan namanya, kitab Riyadus Shalihin merupakan kitab yang lebih banyak membahas tentang akhlak yang baik sebagai pondasi dasar hidup orang-orang yang shalih. Kalaupun ada bahasan tentang fiqih maka tidak dibahas secara lebih detail oleh Imam Nawawi. Dalam metode penulisannya, Imam Nawawi mengemukakan ayat al-Qur’an terlebih dahulu pada setiap awal pembahasan kitab atau bab. Kemudian dikemukakan beberapa buah hadits sebagai pendukungnya. Di dalam kitab ini Imam Nawawi menulis tidak kurang dari 1900 hadis. Hadits-hadits tersebut diakui oleh Imam Nawawi dikutip dari Kutubussittah (enam kitab hadits utama), sehingga menjamin tidak ada hadits dhoif (lemah) dalam kitabnya.

Sedangkan kitab Dalilul Falihin merupakan kitab yang menjabarkan isi kitab Riyadush shalihin. Kitab ini merupakan kitab syarah yang paling pertama dan paling luas penjelasannya. Di dalamnya, Ibnu Allan, memberikan penjelasan detail terhadap ayat al Qur’an, hadits dan komentar-komentar Imam Nawawi dalam Riyadush Shalihin. Saat memberi penjelasan atas ayat Al-Qur’an, Ibnu Allan mengutip beberapa pendapat mufassir (ahli tafsir) dalam kitab-kitab tafsir mereka. Begitupun juga saat beliau memberikan penjelasan tentang hadits, hukum fiqih, tauhid dan akhlak beliau mengutip pendapat-pendapat para ulama dari berbagai sumber. Dalam hal fiqih, kitab Dalilul Falihin menganut madzhab Imam Syafii. Hal ini karena Ibnu Allan adalah ulama besar madzhab Syafii. Sedangkan dalam hal akidah dan akhlak Dalilul Falihin menganut madzhab Al-Asy’ari.

Bagi shobat yang ingin memiliki kitab ini silahkan download di bawah ini :

Jilid depan  Muqaddimah   juz 1   juz 2   juz 3   juz 4   juz 5   juz 6    juz 7   juz 8   (file pdf, diupload melalui 4shared, untuk dapat mendowloadnya sobat harus memiliki akun di shared, silahkan daftar dulu gratis kok)

Indahnya berbagi, semoga tulisan Download Kitab Dalilul Falihin Syarah Riyadush Shalihin – Ibnu Allan ini bermamfaat. Sobat dipersilahkan untuk mencopas di blog atau web sobat dengan tetap mencantumkan link tulisan ini sebagai sumber, syukron…[kangnasir]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE