Download Hasyiyah Bujairimi alal Khatib -Imam Bujairimi

Saturday, 18 October 2014   ·   No Comments

hasyiyah bujairimi alal khatibKitab Hasyiyah Bujairimi alal Khathib (حـاشية البجيرمى على الخـطيب)adalah kitab yang menguraikan fiqih madzhab Imam Syafii. Kitab ini dikarang oleh al Syeich Sulaiman bin Muhammad bin Umar al Bujairimi al Syafii, atau dikenal dengan nama imam Bujairimi.

Imam Bujairimi lahir di Bujairimi, sebuah desa yang terletak do sebelah barat kota Mesir tahun 1131 H. Masa remaja dan dewasa beliau merantau ke Kairo untuk belajar dan mengajar di al Azhar. Beliau wafat pada tanggal 16 Ramadlan 1221 H. Beberapa buah karyanya yang terkenal adalah kitab ini ‘Hasyiyah Bujairimi alal Khathib’ atau dikenal juga dengan nama ‘Tuhfatul Habib’ dan Bujairimi alal Manhaj yaitu hasyiyah atas kitab Manhajuth Thullab karangan Abu Yahya Zakaria al Anshori.

Kitab Hasyiyah Bujairimi ini merupakan kitab yang sangat popular di kalangan pesantren di tanah air. Hal ini setidaknya karena beberapa factor sebagai berikut :

  1. Imam Bujairimi pengarang kitab hasyiyah ini hidup pada abad ke 12 H. Sehingga dalam karangannya beliau banyak mengupas hukum-hukum Islam yang terjadi pada masa itu, yang kebetulan kasus hukumnya masih terjadi di tengah-tengah masyarakat sekarang. Sehingga tak jarang kitab ini menjadi rujukan para kyai dan santri saat melakukan diskusi hukum Islam (semisal bahtsul Masail).
  2. Redaksi bahasa arab dalam kitab ini lebih dapat dipahami oleh santri-santri kelas menengah dan atas. Imam bujairimi dengan teliti dan detail menjelaskan kosa kata yang dianggap asing yang ada pada kitab asalnya, baik kitab syarah al Iqna maupun matan taqribnya. Beliau juga menjabarkan hukum-hukum tentang suatu kasus secara luas dan rinci.
  3. Kitab Hasyiyah Bujairimi ini merupakan kitab Hasyiyah atau catatan pinggir dari kitab Syarah “Al Iqna’” karangan Imam Khotib al Syarbini (w 977 H.). Sedamgkan kitab “al Iqna’” merupakan kitab syarah (penjelasan) dari kitab “al Ghayah wa al Taqrib” atau dikenal dengan nama kitab “Matan Taqrib” karangan syech Syihabuddin Abu Sujaa’ Ahmad bin al Husain bin Ahmad al Ashfihani, atau dikenal dengan nama Qodli Abu Syujaa’ (w 593 H.) . Sedangkan kitab Matan Taqrib ini merupakan kitab yang sangat popular di seluruh pesantren di tanah air. Karena kitab ini menjadi kitab wajib bagi santri kelas menengah.

Kitab ini terdiri dari 5 jilid, bagi sobat yang tertarik dengan kitab ini silahkan download di bawah ini :

Jilid depan   Juz 01    Juz 02    Juz 03    Juz 04   Juz 05 (   file pdf diupload melalui dropbox, langsung sedot aja sob..)

Indahnya berbagi, semoga tulisan Download kitab Hasyiyah Bujairimi ‘alal Khathib – Imam Bujairimi ini bermamfaat. Sobat dipersilahkan mencopas tulisan ini pada web atau blog sobat dengan tetap menyertakan link tulisan saya ini, syukron…[kangnasir]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,967 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE