Cara Menyamakan Volume MP3

Thursday, 27 December 2012   ·   2 Comments

menyamakan volume mp3-1

Berawal dari kekesalan saya saat memutar MP3 lagu-lagu shalawat pada media player di mobil saya, saya mencoba mencari tahu bagaimana cara mengatur dan menyamakan volume suara lagu MP3. Betapa tidak kesal, saat saya lagi enak-enaknya mendengarkan beberapa lagu shalawat sambil ngantuk-ngantuk, eh eh…tiba-tiba lagu berikutnya muncul dengan suara yang menggelegar atau suara lebih rendah. Tentu saja ini mengganggu kenyamanan saya, karena saya harus bolak-balik mengatur volume audio agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sobat pernah mengalaminya juga kan..? hehehe

Melalui googling saya menemukan banyak situs yang menuturkan cara mengatur dan menyamakan volume MP3. Setelah beberapa tutorial saya coba, saya lebih suka dengan cara yang akan saya paparkan di bawah ini.

Perlu sobat ketahui, Volume yang tersimpan dalam file lagu memang kadang tidak sama, apalagi kalau lagu itu diperoleh dari beberapa sumber yang berbeda. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain: sumber yang berbeda, metode digitalisasi atau cara membuat file audio, perangkat keras, perangkat lunak, hingga selera orang yang melakukan proses digitalisasi.

Baik, saya akan langsung menjelaskan cara menyamakan volume MP3 sesuai dengan pengalaman saya :

Silahkan download software gratis MP3Gain di sini (size : 651,7kb);
Silahkan install seperti biasa, kemudian buka programnya dengan tampilan muka sebagai berikut :

Klik ‘add file(s)’ untuk memasukan sebuah atau beberapa lagu MP3 yang ada di harddisk sobat yang akan sobat samakan volumenya, atau klik ‘add folder’ untuk memasukan folder berisi lagu-lagu MP3.
Dalam hal ini saya coba untuk menyamakan volume lagu-lagu MP3 dalam satu folder. Oh iya, sebelum sobat memasukan folder tersebut, lebih baik folder itu di copi paste dulu . Langkah ini berguna untuk membandingkan volume suara lagu sebelum dan sesudah diprogram dengan MP3Gain.
maka akan muncul seperti dalam gambar berikut :
 
 
Selanjutnya atur target volume yang sobat inginkan, defaultnya adalah 89,0db. Untuk mencoba, silahkan isi dengan angka 98,7db, kemudian klik ‘track analysis’ dan tunggu hingga proses analisis volume asli selesai, maka akan muncul seperti berikut ini :
 
Hasil proses analisis terhadap volume MP3  (sebelum di program MP3Gain) di atas ternyata memang volumenya tidak sama (lihat di kolom volume). Ada yang besarnya 92,5 db, 90,2 db, 83,9 db dan seterusnya.
Kolom ‘track gain’ adalah angka kekurangan/kelebihan volume dari volume asli ke volume yang diinginkan. Contoh di atas, volume yang diinginkan adalah 98,7db, sedangkan volume aslinya 92,5db, sehingga ada kekurangan volume sebesar 6,0 db, dan seterusnya.
Langkah selanjutnya agar semua lagu MP3 di atas mempunyai volume yang sama, yakni 98,7db, maka silahkan klik ‘album gain’, kemudian tunggu hingga proses selesai. Maka akan muncul tampilan berikut :
 
Coba perhatikan di kolom ‘volume album’, setelah proses selesai kita dapatkan semua lagu MP3 kita saat ini sudah memiliki volume yang sama, yakni 98,8 db.
Selanjutnya silahkan putar lagu-lagu hasil proses MP3Gain, bandingkan dengan yang aslinya, berbeda kan..? hehehe
Jika sobat ingin memprogram lagu MP3 yang lainnya silahkan klik ‘clear all’, kemudian lakukan langkah-langkah seperti dia atas.
Keterangan tambahan : besaran volume yang akan diproses terserah kita, bisa 98,7 db atau bahkan lebih. Namun jangan terlalu besar ya, karena hasilnya akan semakin jelek, suaranya akan tersendat-sendat atau pecah.
Selamat mencoba

Indahnya berbagi, semoga tulisan Cara Menyamakan Volume MP3 ini bermamfaat. Sobat dapat mengcopi pasti tulisan ini dengan tetap menyertakan link saya ini, sykron….[kang nasir media center]

2 comments on “Cara Menyamakan Volume MP3

  1. Pingback: Shalawat Nabawiyah Langitan | Kang Nasir Media Center

  2. Pingback: Kumpulan Shalawat Wafiq Azizah | Kang Nasir Media Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE