Cara Mengubah Favicon Di WordPress

Wednesday, 14 November 2012   ·   11 Comments

menganti pavicon pada wordpress

Favicon adalah icon yang muncul pada address bar suatu website atau blog dan kadang-kadang merupakan logo atau brand dari website atau blog tersebut (lihat gambar). Selain itu favicon juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon atau bookmark icon. Setiap theme/template (terutama yang gratisan) yang kita gunakan memiliki favicon sesuai dengan bawaannya.

Rasanya tidak nyaman dipandang jika blog/website kita masih memakai favicon itu. Nah kali ini saya akan memberikan tips untuk sobat bagaimana mengubah favicon itu.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuat gambar icon yang akan sobat gunakan sebagai favicon blog/website sobat. Gambar dapat menggunakan format jpg, gif, png atau lainnya dengan ukuran 16×16 pixel sampai dengan 30×30 pixel.

Setelah menyiapkan gambar icon maka sobat dapat mengubah favicon dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan plugin atau mengedit beberapa bagian di root direktori wordpress sobat.

Cara Pertama mengubah Favicon di wordpress

Satu : Masuk dashboard WP sobat, silahkan install plugin Multicons [ Mulitple Favicons ] yang bisa sobat dapatkan di search plugin pada dashboard wordpress sobat. Setelah diinstall lalu aktifkan.

Dua : Masih di dashboard WP sobat, silahkan klik ‘media’ lalu upload gambar icon yang sudah sobat siapkan. Jika berhasil akan muncul di bagian bawahnya. Kemudian silahkan klik ‘edit’  icon yang sudah diupload tadi kemudian copy alamat url icon tersebut.

Tiga : Masih di  dashboard WP sobat,  klik menu ‘settings‘ dan klik ‘multicons‘ lalu masukan alamat url ganbar tadi pada kotak yang tersedia kemudian save (simpan) hasilnya. Silahkan refresh (tekan f5) dan lihat hasilnya..eng.. ing… eng…favicon blog/website sobat sudah berubah kan..?

Pengalaman saya cara ini memang lebih mudah karena kita tidak harus masuk ke cpanel hosting kita. Namun ada beberapa kelemahan, antara lain :

1. Pada beberapa theme/template cara ini tidak mampu memunculkan favicon hasil ubahan pada setiap browser. Pada browser chrome mungkin sudah berubah tapi pada mozilla masih muncul favicon lama, atau sebaliknya.

2. Saat kita mengubah theme/template maka kadangkala cara ini harus diulang kembali.

Oleh karenanya, saya lebih menyukai cara yang kedua, silahkan baca di sini.

Indahnya berbagi, semoga tulisan Cara Mengubah Favicon Di WordPress ini bermamfaat. Sobat dapat mengcopas tulisan dengan tetap mencantumkan link blog saya ini. Sobat yang mempunyai pengalaman dengan cara lain mohon untuk dapat berbagi pada kotak komentar, syukron….[kang nasir abi]

11 comments on “Cara Mengubah Favicon Di WordPress

  1. Pingback: Mengubah Favicon Pada Wordpress (Bag 2) | Kang Nasir Media Center

  2. agen ace maxs malang on said:

    Wah mantep bener nih, informasi mengenai cara mengubah faviconnya,, Mantep broo infonya,, Ijin praktek nih,, 🙂

  3. sangat membantu mas. trimakasih banyak yah

  4. mantap gan, terima kasih banyak ya atas ilmunya.. 🙂

  5. terima kasih banyak artikelnya !!

  6. akhirnya dapat juga triknya, thanks..

  7. Mantaap….
    Terima kasih atas petunjuknya, telah mH cobakan dan langsung berhasil.

  8. Di website saya kok tidak ada ya gan itu multicons..

  9. akhirnya dapat juga trik nya, trima kasih gan infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

4,967 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE