Cara Menghilangkan Sidebar pada Single Post Tertentu

Thursday, 10 March 2016   ·   No Comments
Tampilan single post dengan sidebar

Tampilan single post dengan sidebar

Pada website atau blog flatform wordpress , secara umum pada bagian halaman single post (artikel) terdapat sidebar di sisi kiri atau kanan atau bahkan di kedua sisinya. Fungsi sidebar di halaman single post biasanya untuk membatasi agar tampilan post (artikel) tidak tampil secara penuh satu halaman yang nampaknya kurang menarik untuk dilihat dan tentunya dibaca oleh pengunjung web/blog.

Selain sidebar, pada halaman single post juga biasanya terdapat kotak komentar dan related post (tulisan terkait). Keduanya terdapat di bawah artikel/tulisan.

Pada keadaan tertentu, terkadang kita ingin agar artikel atau postingan kita tampil sepenuh halaman single post. Biasanya saat post/artikel kita berisi dokumen gambar atau bentuk pdf yang ingin kita tampilkan satu halaman penuh supaya dapat dilihat lebih besar dan jelas oleh pengunjung.  Untuk itu, kita harus menghilangkan bagian sidebar, kotak komentar, related post dan bagian lainnya pada halaman single post itu saja, tidak pada halaman single post yang lain.

Tampilan single post tanpa sidebar

Tampilan single post tanpa sidebar

Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya menghilangkan sidebar, kotak komentar, related post dan bagian-bagian lain pada halaman single post tertentu.

Pertama : silahkan masuk ke dashboard wordpress untuk menuliskan artikel yang ingin tampil satu halaman penuh di single post.

Kedua : Setelah tulisan/artikel tersebut selesai anda ketik di bagian ‘visual,  selanjutnya silahkan klik  bagian ‘Text’. Pada bagian atas letakkan kode-kode di bawah ini :

<style><!--
.innerContent { width:900px;float:left;} 
#wideSidebar {display : none;}
#footer{display:none;}
#related{display:none;}
.share{display:none;}
.comments{display:none;}
--></style>

Keterangan : 

  1. Kode-kode tersebut diambil dari theme/template wordpress yang sedang kita gunakan;
  2. Kode yang pertama (  .innerContent { width:900px;float:left;} ) adalah kode untuk menampilkan single post dengan lebar halaman 900px.  Kode tersebut sangat bervariasi istilahnya, tergantung theme/template yang kita gunakan, silahkan anda cek di bagian style css theme anda.
  3. Kode kedua (   #wideSidebar {display : none;}    )  adalah kode untuk menghilangkan sidebar di halaman single post. Kode inipun akan berbeda-beda istilahnya sesuai dengan theme/template anda, silahkan anda cek di bagian style css theme anda, biasanya ada di bagian bawah kode yang pertama.
  4. Kode ketiga (  footer{display:none;}  ) untuk menghilangkan bagian footer, kode keempat ( #related{display:none;} ) untuk menghilangkan related post, kode kelima ( .share{display:none;}  ) untuk menghilangkan share /membagikan artikel ke media sosial, kode keenam  ( .comments{display:none;}  ) untuk menghilangkan kotak komentar.
  5. Sekali lagi kode-kode tersebut akan berbeda-beda antara satu theme dengan theme yang lain.

 

Demikian tulisan Cara Menghilangkan Sidebar pada Single Post Tertentu, selamat mencoba semoga berhasil. Apabila sahabat punya pengalaman yang lain, silahkan share di kotak komentar, syukron….[kangnasir abi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

5,403 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE